Senin, 28 Mei 2012

Mengenal Astro-Traveling INDONESIA

Astro-traveling merupakan penerapan astronomi praktis ke dalam traveling (bepergian, safar). Ini merupakan ide saya sendiri untuk menggabungkan astronomi dengan traveling. Maka, mungkin astro-traveling adalah satu-satunya yang ada di INDONESIA dari beberapa bentuk traveling. Sebutlah misal bentuk-bentuk traveling yang umum antara lain backpacking, exploring, adventuring, dan lain-lain.

Untuk lebih mengenal tentang astro-traveling dengan seterang-terangnya, sebaiknya kita mengupasnya dengan 'pisau' yang paling lengkap dan tajam, yakni kombinasi 5W+1H.
Logo

What
Tentang penerapan sderhana ilmu astronomi praktis pada kehidupan, khususnya untuk traveling. Seperti mengembalikan ilmu astronomi pada penerapan yang paling kuno, yaitu sebagai penunjuk arah. Bukankah bintang-bintang diciptakan untuk tiga hal ini: melempari setan, hiasan langit, dan penunjuk arah?

Apa urgensinya? Kawan, ke mana pun kita pergi, langit akan selalu di atas kita. Maka, jangan pernah sombong untuk tidak melibatkan langit dalam kehidupan kita. Karena langit beserta isinya itu diciptakan bukan untuk kesia-siaan.

Maka, mari kita mulai melibatkan langit dalam kita ber-traveling.

Who
Siapa saja yang bisa melakukan astro-traveling? Tentu saja, siapapun. Ya, siapapun kita dapat melakukannya. Tidak harus mereka yang telah paham tentang langit.

Nah, untuk itu, kita perlu nama untuk mereka yang suka dengan astro-traveling. Astro-traveler, travelastronist, atau travelastroner? Kiranya, yang paling familiar adalah astro-traveler. Yah, kalaupun akan disebut dengan istilah umum, saya ingin menyebut diri sebagai musafir.

When
When? Whenever! Ya, kapan pun. Siang maupun malam. Kemarau maupun penghujan. Musim semi, panas, dingin, gugur. Sejak fajar hingga fajar kembali.

Where
Where? Everywhere. Di mana pun. Maka, astro-traveling tidak menekankan pada seberapa panjang rute yang telah ditempuh, seberapa luas daerah yang telah dijelajahi, seberapa debu yang telah kita pijaki. Astro-traveling bukan tentang bepergian dalam artian yang berlebihan. Astro-traveling mengutamakan definisi sederhana tentang bepergian, yaitu berpindah tempat. Meski hanya berpindah dari suatu tempat ke sekitar tempat semula dalam radius yang kecil pun, itu telah menjadi bagian dari definisi astro-traveling.

Jadi, dalam astro-traveling tidak dikenal yang namanya memprioritaskan mengunjungi tempat-tempat wisata yang popular (apalagi mahal) di mata khalayak. Sekali lagi, astro-traveling ini merupakan traveling yang sederhana.

Which
Yang sederhana. Yang memindahkan diri tidak hanya dalam hal tempat, tetapi termasuk di dalamnya adalah berpindahnya spiritualitas, wawasan, dan sikap menuju keadaan yang leibh baik.

How
Tentu saja, astro-traveling membutuhkan pengetahuan astronomi dalam bepergian. Tapi tenang saja, lagi-lagi, pengetahuan astronomi yang sederhanalah yang kita gunakan. Seperti misalnya tentang penggunaan kalender yang berbasis pergerakan bulan, melihat matahari sebagai penunjuk jam, memetakan bintang sebagai penunjuk jalan. Namun, pada intinya adalah  timbal balik dari belajar dan menerapkan astronomi dalam perjalanan. Jadi, dari perjalanan kita dapat belajar astronomi, dan sebaliknya, dari astronomi kita bisa menerapkannya untuk bepergian.

Dan, yang paling penting dari traveling ini adalah semua modal untuk menjadi bagian dari Astro-Traveling INDONESIA telah kita miliki. Modal itu telah ada bersamaan dengan lahirnya kita di dunia ini. Apa itu? Mata untuk melihat keagungan-keagungan penciptaan. Telinga untuk mendengar setiap dendang alam. Otak untuk mencerna setiap makna kejadian di semesta. Kaki untuk menjelajah setiap inci bumi yang terhampar. Tangan untuk membuat semuanya menjadi lebih bermanfaat. Dan lain-lain.

Astro-Traveling INDONESIA
Keterlibatan 'INDONESIA' pada astro-traveling ini adalah sebuah keberuntungan bahwa Indonesia mempunyai bakat alamiah pada langit dan buminya.

Demikianlah perkenalan pertama Astro-Traveling INDONESIA. Pada kesempatan selanjutnya, kita akan semakin mengenal, tumbuh bersama, dan saling memberi.

Salam hangat,

Astro-traveler Indonesia

5 comments:

Hem... Keren-keren.
Bagaimana kalau dibuat multiuser aja blog ini Mabruri. Seru juga sepertinya.
Terinspirasi juga dari kata 'traveling'. Apalagi ini traveling tentang astronomi... Tema yang unik alias 'langka'^^.
Ya, biar blognya ramai dan cepet update-nya gitu...


#saran^^

gimana caranya Vin?
kalau kirim ke email si blogger aja gimana? haha..

makasih kunjungannya, juga komentar perdananya.

Iya.^^

Masuk ke setelan-> izin-> penulis blog.

gitu bagus juga. malah bisa disortir...^^

Wah... Informatif sekali tulisannya kak

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More